Breaking News
recent

Preview Master Quiz – Tes Pengetahuan Kamu Di Game Lokal Ini

Preview Master Quiz – Tes Pengetahuan Kamu Di Game Lokal Ini
Mudah untuk menemukan berbagai game kuis dalam genre trivia di App Store ataupun Play Store. Namun seringkali saya kesulitan untuk menemukan game kuis yang dibuat oleh developer lokal. Yah tentu saja sebagai anak bangsa, sudah menjadi sebuah kewajiban kita untuk mengangkat produk dalam negeri. Pada kesempatan ini, kolaborasi antara developer Kubu Games dan Sagadio dengan bantuan PT Sangkuriang International sebagai publisher ikut meramaikan etalase App Store melalui game kuisnya yang baru saja rilis versi beta dan mereka beri judul Master Quiz.
Master Quiz mengandalkan konektivitas sosial yang akan menghubungkan antara sesama pemainnya. Kamu dapat terhubung dan menantang teman dari Facebook, pengguna yang sudah daftar dengan e-mail, atau juga sistem lawan secara acak (random). Karena masih dalam tahapbeta saya hanya bisa memilih penantang dengan sistem acak, karena pada saat memainkanMaster Quiz saya belum menemukan teman yang terdaftar dengan akun Facebook. Menurut sang developer masalah ini akan diatasi pada update mendatang.
Master Quiz | Screenshot 3
Pada awal permulaan kamu akan disuguhi, avatar yang bisa kamu buat semenarik mungkin, mulai dari fisik sampai kepada pakaian si avatar. Beberapa item untuk pengaturan avatar harus kamu buka dengan koin atau gem yang menjadi mata uang dalam game. Sama seperti game kuis pada umumnya, kamu akan disuguhi berbagai kategori pertanyaan yang bisa kamu pilih, mulai dari film, musik, olahraga, bisnis, dan juga sejarah. Tiap kategori memiliki beberapa sub-kategori yang lebih spesifik pada genre tertentu. Kamu yang merasa mahir dengan suatu bidang pengetahuan umum akan ditantang dengan baik melalui game ini. Namun saya merasa tiap pertanyaan dalam Master Quiz berada pada level mahir. Ada baiknya jika developer game ini membagi pertanyaan menjadi beberapa tingkat kemahiran tertentu.
Sistem nilai skor terbagi menjadi match score dan bonus score. Skor yang kamu raih dari satu kategori yang kamu selesaikan akan diakumulasikan untuk meraih skor yang akan mengantarkan kamu ke level selanjutnya. Meskipun saya sudah naik level, namun saya belum merasakan peningkatan pada pertanyaan, bahkan pertanyaan pun masih ada yang diulang. Ini mengindikasikan bahwa level lebih kepada achievement yang berpengaruh pada posisi kamu dileaderboards.
Master Quiz | Screenshot 1
Gameplay dari Master Quiz sangat sederhana, kamu akan disuguhi pilihan challenge opponentbaik melalui username, e-mail, maupun Facebook. Setiap sesi kuis akan dilakukan secara bergantian, agar kamu dan lawan main kamu memiliki kesempatan yang sama untuk memilih kategori dan menggunakan power-up. Pada setiap kategori kamu akan diberikan tujuh pertanyaan berkenaan tema spesifik yang kamu pilih. Kamu harus menjawab pertanyaan dengan waktu selama sepuluh detik.
Kamu juga akan diberikan empat macam power-up  yaitu Attack, Defense, 50:50, dan Time.Attack berfungsi untuk menghalangi lawan dalam menjawab pertanyaan atau untuk mengulur waktu menjawab. Defense, dapat digunakan kamu untuk menangkal attack dari lawan, hingga waktu menjawab kamu tidak akan berkurang. 50:50 berfungsi menghilangkan dua jawaban yang salah, dan terakhir Time yang akan menghentikan waktu sekitar lima detik sehingga kamu mempunyai waktu yang lebih lama untuk menjawab. Setiap power-up hanya bisa kamu gunakan untuk satu kali untuk satu pertanyaan dalam satu sesi kuis. Semua power-up ini bisa kamu beli menggunakan koin yang didapat dalam game.
Master Quiz jelas memiliki potensi untuk menjadi game kuis yang menarik, dan kalau kamu mau mencobanya sekarang harap ingat bahwa yang tersedia sekarang barulah versi beta. Kekurangan dari versi beta ini contohnya bisa kamu temukan pada IAP yang sepenuhnya belum berfungsi sama sekali meskipun menunya sudah disiapkan semua. Entah apakah karena menu itu memang masih bersifat dummy atau memang ada bug di dalamnya.
Selain IAP yang masih belum terhubung dengan server, kolom percakapan dengan penantang juga tidak berfungsi. Saya mencoba berulang kali mengirimkan pesan pada lawan yang berbeda namun kolom percakapan saya tetap kosong. Saat melakukan tap pada kolom profil lawan, yang terjadi adalah saya kembali ke menu utama. Tidak adanya in-game help juga mungkin menjadi faktor kendala bagi sebagian gamer yang baru pertama kali memainkan game ini. Pada awalnya saya pun sempat dibuat kebingungan untuk mengenali fungsi power-up dalam game.
Master Quiz | Screenshot 2
Lebih lanjut, saya tidak tahu apakah bagian yang ini adalah bug atau memang bagaimana game ini didesain, saat kamu sudah bermain dengan lawan tertentu, lawan main akan masuk ke dalam daftar riwayat permainan kamu. Saya sempat mengharapkan kamu bisa memberikan tantangan kepada lawan yang sudah ada di dalam daftar tersebut, namun yang saya alami adalah tidak bisa melakukan tap pada tombol bermain yang berubah menjadi redup. Sekali lagi saya mengingatkan ini adalah versi beta, mungkin saja ke depannya hal ini akan diubah oleh developer Kubu Games dan Sagadio.
Grafis dalam game ini sangatlah sederhana tanpa adanya animasi yang berlebihan. Dalam gamekamu hanya akan diberikan suguhan avatar yang statis dan penuh warna. Saya tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut, karena biasanya game kuis semacam ini lebih berfokus pada kualitas teks dan pertanyaan yang menjadi nilai jual utamanya. Namun apabila ditambahkan animasi yang dinamis saya rasa akan membuat user interface game menjadi lebih manis.
Oke sekarang waktunya berbicara IAP. Sistem monetization dalam game adalah berupa gem dan koin yang dapat kamu beli dengan mata uang asli. Gem dan koin tersebut dapat kamu habiskan untuk membuka level, atau mempercantik avatar kamu dengan berbagai item yang tersedia di opsi avatar. Di versi beta ini, saya belum mendapat kepastian mengenai detail harga IAP atau mata uang dalam game. Menurut yang disampaikan developer Kubu Games dan Sagadio, koin dapat kamu peroleh setiap kali kamu menyelesaikan 1 sesi kuis, 3 koin jika kamu menang, 2 koin jika seri dan 1 koin apabila kamu kalah.
Master Quiz | Screenshot 3
Lalu bagaimana dengan gem yang menjadi mata uang utama dalam game? Kamu tidak harus kuatir akan adanya pay-wall yang menghentikan kamu bermain. Gem dapat kamu raih melaluireward achievement, meskipun jumlah nya sangat terbatas.
So, jika kamu bertanya apakah game ini layak untuk dimainkan, saya menyarankan untuk tunggu versi resminya nanti. Namun dari segi value, game ini gratis dan kamu dapat mencobanya tanpa adanya gangguan ads. Hanya saja pengalaman bermain penuh baru dapat kamu rasakan saat membuka semua level terkunci yang tentunya harus kamu buka dengan gem.
Well, tidak banyak detail yang bisa saya sampaikan mengenai Master Quiz, karena game ini masih berada dalam tahap pengembangan dan masih membutuhkan banyak pembenahan dari developer. Apa yang saya sampaikan juga masih bisa berubah seiring rilis versi resminya nanti. Semoga developer Kubu Games dan Sagadio dapat memperbaiki segala hal yang saya rasa butuh banyak atensi di update rilis resminya nanti.
Master Quiz bisa jadi pilihan game yang kamu mainkan di waktu singkat. Saya rekomendasikangame ini untuk kamu download sebagai koleksi di folder trivia gadget kamu. Master Quizrencananya akan dirilis di platform iOS, Android, dan Windows Phone. Namun untuk versi betahanya tersedia bagi kamu pengguna gadget Apple. Kita tunggu saja kabar terbaru Master Quiz yang rencana nya akan rilis secara penuh 2-3 bulan mendatang . Stay Tuned !

Apple App Store Link: Master Quiz, Gratis
Jauzi MJS

Jauzi MJS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.